anthurium

anthurium
generasi muda anthurium terus tumbuh tak terbendung

07.29 Edit This 0 Comments »

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Identitas

 Kelas/ Semester /Tahun
: XI/ GENAP/ 2020
Mata Pelajaran
: Biologi
 Alokasi Waktu
: 10 x 45 menit
Materi
: Sistem Pertahanan Tubuh
 Guru SMA N 1 Gringsing, Kab. Batang, Prov Jateng
                             :  Sumi, M.Pd



Tujuan

Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi diharapkan siswa dapat:
1.  Menganalisis penyebab HIV AIDS
2.  Menjelaskan struktur sel/jaringan tubuh yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh
3.  Menjelaskan fungsi antigen, antibodi bagi pertahanan tubuh
4.  Menjelaskan penyebab gangguan kelainan kekebalan tubuh serta cara mengatasi kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem imun dari berbagai sumber
5.  Menganalisis proses terbentuknya kekebalan tubuh yang dapat terjadi secara pasif-aktif dan  terjadi karena bekerjanya jaringan tubuh yang melawan benda asing masuk ke dalam tubuh
6.  Menjelaskan secara lisan tentang mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh, dapat terganggu akibat berbagai sebab dan istilah-istilah baru yang berkaitan dengan sistem kekebalan
7.  Melakukan kampanye pentingnya partisipasi masyarakat dalam program immunisasi serta kelainan dalam sistem imun











Proses Pembelajaran


 Pendahuluan
(Apersepsi)
:

 Tampilkan video tentang HIV
 Pertanyaan awal : Bagaimana seseorang bisa terjangkit  penyakit AIDS? Bagian mana dari tubuh yang diserang virus HIV?
Kegiatan Inti
:

Pertemuan  1
·       Mendiskusikan hubungan HIV/AIDS dengan sistem kekebalan tubuh.
·       Mengkaji literatur tentang struktur sel/jaringan tubuh yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh melalui kerja kelompok.
·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Pertemuan 2
·       Mendiskusikan fungsi antigen, antibodi bagi pertahanan tubuh melalui kerja kelompok.
·       Menayangkan video tentang antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh.
Pertemuan 3
·       Mendiskusikan penyebab gangguan kelainan kekebalan tubuh serta cara mengatasi kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem imun dari berbagai sumber melalui kerja kelompok.
·       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Pertemuan 4
·       Mendiskusikan proses terbentuknya kekebalan tubuh yang dapat terjadi secara pasif-aktif dan  terjadi karena bekerjanya jaringan tubuh yang melawan benda asing masuk ke dalam tubuh melalui kerja kelompok.
·       Mendiskusikan mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh, dapat terganggu akibat berbagai sebab dan istilah-istilah baru yang berkaitan dengan sistem kekebalan.
·       Mempresentasikan hasil kajian diskusi kelompok. 
Pertemuan 5
·       Membuat poster untuk kampanye program imunisasi dan kelainan sistem imun secara berkelompok.
·       Mempresentasikan poster sekaligus kampanye secara kelompok.
 Proses pembelajaran ini siswa dibebaskan untuk memilih sumber belajar, termasuk dari sumber internet.
 Siswa mencari informasi mengenai sistem imun dengan pengawasan dan bimbingan guru
 Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan hal-hal yang berkaitan dengan sistem imun.

Penutup
:
Menyimpulkan hasil pembelajaran. Setelah melakukan pembelajaran, diharapkan siswa memahami tentang system imun.

Penilaian

Rasa Ingin Tahu
: Melalui pengamatan pada proses pembelajaran
Tanggung Jawab
: Melalui pengamatan pada proses dan hasil dari pembelajaran
Pengetahuan dan Ketrampilan
: Melalui diskusi, tanya jawab, dan lembar tugas yang diberikan guru pada proses pembelajaran dan penugasan. Dalam bentuk: Tes tertulis/Tugas/Portofolio/proyek
Gringsing, Januari 2020
Guru Mata Pelajaran

Sumi, M.Pd.
NIP.
 
 

0 komentar: