|
Pertemuan 1
· Mendiskusikan hubungan HIV/AIDS dengan sistem kekebalan tubuh.
· Mengkaji
literatur tentang struktur sel/jaringan
tubuh yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh melalui
kerja kelompok.
· Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Pertemuan 2
· Mendiskusikan
fungsi antigen, antibodi bagi pertahanan tubuh melalui
kerja kelompok.
· Menayangkan video tentang antigen
dan antibodi bagi pertahanan tubuh.
Pertemuan 3
· Mendiskusikan
penyebab gangguan kelainan kekebalan tubuh
serta cara mengatasi kelainan-kelainan yang berhubungan dengan sistem imun
dari berbagai sumber
melalui kerja kelompok.
· Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok.
Pertemuan 4
·
Mendiskusikan proses terbentuknya kekebalan tubuh yang dapat
terjadi secara pasif-aktif dan
terjadi karena bekerjanya jaringan tubuh yang melawan benda asing
masuk ke dalam tubuh melalui kerja kelompok.
·
Mendiskusikan mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam
tubuh, dapat terganggu akibat berbagai sebab dan istilah-istilah baru yang
berkaitan dengan sistem kekebalan.
·
Mempresentasikan hasil
kajian diskusi kelompok.
Pertemuan 5
·
Membuat
poster untuk kampanye program imunisasi dan kelainan sistem imun secara
berkelompok.
·
Mempresentasikan poster sekaligus kampanye secara kelompok.
Proses pembelajaran ini siswa dibebaskan untuk memilih sumber belajar,
termasuk dari sumber internet.
Siswa mencari informasi mengenai sistem imun dengan pengawasan dan bimbingan guru
Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan hal-hal yang berkaitan dengan sistem
imun.
|
0 komentar:
Posting Komentar