00.28 Edit This 0 Comments »
I. SPESIFIKASI SUBYEK PEMBELAJARAN
Jenjang pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Biologi
Materi pokok : Keanekaragaman Hayati
Kelas / semester : X / 2
Kelompok target : Bervisi SETS
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 X 45’
II. KOMPETENSICAPAIAN DAN INDIKATORNYA
Standar Kompetensi (SK) :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar (KD) Bervisi SETS :
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup.
· Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman.
· Mendiskripsi jenis organisme khas daaerah/wilayah.
III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran : Bervisi SETS
Bentuk Kegiatan Pembelajaran :
Waktu: 5 menit
Pendahuluan:
Kegiatan guru
Menjelaskan pada siswa tentang apa yang akan mereka lakukan
Membagikan lembar kerja siswa
Kegiatan Siswa:
Bergabung dengan kelompok masing-masing
Waktu: 70 minutes
Kegiatan inti:
Kegiatan guru:
Membimbing siswa saat pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah selama 20 menit
Membimbing siswa mengisi lembar kerja
Membimbing siswa melakukan presentasi/ seminar di dalam kelas selama 50 menit
Kegiatan Siswa:
· Menuju ke lingkungan sekitar sekolah
· Bekerjasama dalam kelompok, mencatat hasil pengamatan keanekaragaman hewan dan tumbuhan
· Bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi lks secara lengkap dan akurat
· Menuliskan kesimpulann hasil pengamatan di papan tulis
· Menyampaikan secara lisan dan sistematik presentasi hasil diskusi kelompok berdasarkan penyimpulan hasil pengamatan yang dicatat dalam lks
Kegiatan penutup (15’):
- Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan berdasarkan hasil observasi di lingkungan sekitar sekolah
- Guru meminta setiap kelompok mengumpulkan laporan hasil observasi
IV. PERANGKAT PEMBELAJARAN
Alat / Bahan
Daerah pengamatan yaitu lingkungan sekitar sekolah di Kabupaten Batang
Sumber Rujukan
- Buku biologi Erlangga, Widya Duta dan Yudistira
- Buku lain yang memuat masalah keanekaragaman hayati
- Website yang memuat informasi keanekaragaman hayati
- Media cetak atau ulasan berita dari media elektronik, yang memuat informasi mengenai keanekaragaman hayati
V. PRODUK PEMBELAJARAN
Sumber Daya Manusia (SDM)
- Siswa memiliki pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan keterhubungkaitan dengan SETS
- Siswa memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya bagi penduduk sekitar sekolah
Produk Non Sumber Daya Manusia
- Laporan hasil observasi lapangan
- Kumpulan artikel atau informasi dari surat kabar, majalah, berita, buku atau dari internet tentang keanekaragaman hayati
VI. EVALUASI PROGRAM DAN HASIL BELAJAR
Aspek kognitif
- Menguji pemahaman siswa terhadap keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem
Aspek Afektif
- Mengobservasi kerjasama siswa, rasa ingin tahu, kemampuan bertanya dalam melakukan wawancara
Aspek psikomotorik
- Mengobservasi kemampuan siswa dalam melakukan pengamatan di lokasi
- Mengobservasi siswa dalam membuat bagan keterhubungkaitan SETS tentang keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem
VII. PENANGGUNG JAWAB
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran


0 komentar:
Posting Komentar