anthurium

anthurium
generasi muda anthurium terus tumbuh tak terbendung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

00.28 Edit This 0 Comments »

I. SPESIFIKASI SUBYEK PEMBELAJARAN
Jenjang pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Biologi
Materi pokok : Keanekaragaman Hayati
Kelas / semester : X / 2
Kelompok target : Bervisi SETS
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 X 45’

II. KOMPETENSICAPAIAN DAN INDIKATORNYA

Standar Kompetensi (SK) :
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar (KD) Bervisi SETS :
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis makhluk hidup.
· Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman.
· Mendiskripsi jenis organisme khas daaerah/wilayah.

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan pembelajaran : Bervisi SETS
Bentuk Kegiatan Pembelajaran :

Waktu: 5 menit

Pendahuluan:

Kegiatan guru
Menjelaskan pada siswa tentang apa yang akan mereka lakukan
Membagikan lembar kerja siswa

Kegiatan Siswa:
Bergabung dengan kelompok masing-masing

Waktu: 70 minutes

Kegiatan inti:

Kegiatan guru:

Membimbing siswa saat pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah selama 20 menit
Membimbing siswa mengisi lembar kerja
Membimbing siswa melakukan presentasi/ seminar di dalam kelas selama 50 menit

Kegiatan Siswa:

· Menuju ke lingkungan sekitar sekolah
· Bekerjasama dalam kelompok, mencatat hasil pengamatan keanekaragaman hewan dan tumbuhan
· Bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi lks secara lengkap dan akurat
· Menuliskan kesimpulann hasil pengamatan di papan tulis
· Menyampaikan secara lisan dan sistematik presentasi hasil diskusi kelompok berdasarkan penyimpulan hasil pengamatan yang dicatat dalam lks


Kegiatan penutup (15’):
- Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan berdasarkan hasil observasi di lingkungan sekitar sekolah
- Guru meminta setiap kelompok mengumpulkan laporan hasil observasi

IV. PERANGKAT PEMBELAJARAN

Alat / Bahan
Daerah pengamatan yaitu lingkungan sekitar sekolah di Kabupaten Batang

Sumber Rujukan
- Buku biologi Erlangga, Widya Duta dan Yudistira
- Buku lain yang memuat masalah keanekaragaman hayati
- Website yang memuat informasi keanekaragaman hayati
- Media cetak atau ulasan berita dari media elektronik, yang memuat informasi mengenai keanekaragaman hayati

V. PRODUK PEMBELAJARAN

Sumber Daya Manusia (SDM)
- Siswa memiliki pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan keterhubungkaitan dengan SETS
- Siswa memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya bagi penduduk sekitar sekolah

Produk Non Sumber Daya Manusia
- Laporan hasil observasi lapangan
- Kumpulan artikel atau informasi dari surat kabar, majalah, berita, buku atau dari internet tentang keanekaragaman hayati

VI. EVALUASI PROGRAM DAN HASIL BELAJAR

Aspek kognitif
- Menguji pemahaman siswa terhadap keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem
Aspek Afektif
- Mengobservasi kerjasama siswa, rasa ingin tahu, kemampuan bertanya dalam melakukan wawancara
Aspek psikomotorik
- Mengobservasi kemampuan siswa dalam melakukan pengamatan di lokasi
- Mengobservasi siswa dalam membuat bagan keterhubungkaitan SETS tentang keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem

VII. PENANGGUNG JAWAB

Kepala SMA Guru Mata Pelajaran

0 komentar: